7 Cara Mengatasi Permasalahan Windows 7

Cara Mengatasi Permasalahan Di Windows 7

Ada kalanya saat sistem operasi windows kita kita bermasalah dengan berbagai macam masalah, dan anda harus memperbaiki windows tersebut agar dapat dijlankan menjadi normal kembali, namun terkadang masalah tersebut merupkan masalah yang mudah diperbaiki atau dapat diperbaiki dengan berbagai tools yang disediakan windows.berikut tool dan cara memperbaiki masalah diwindows anda....


System Restore


Cara Mengatasi Permasalahan Di Windows 7

system restore merupkan software yang disediakan oleh windows yang  digunakan untuk keperluan mengembalikan Windows pada sistem lama yang memiliki kondisi yang baik. Dengan memakai software atau fasilitas System Restore, kita tidak perlu lagi repot-repot mengidentifikasi masalah  Windows yang mengalami permasalahan. System Restore dapat dijalan dengan klik Start menu > Accessories > System tools > System restore.


Cara Mengatasi Permasalahan Di Windows 7

Melakukan Restore
untuk melakukan restore anda tinggal mengklik next maka akan timbul daftar Restore Points sesuai dengan waktu pembuatannya. Pilih  Restore Point yang diwaktu sebelum windows anda rusak , kemudian klik Next dan ikuti petunjuk selanjutnya. jika System restore selesai dijalankan, komputer akan merestart dan windows anda kembali saat waktu sistem restore tersebut.


Gunakan System File Checker
Cara Selanjutnya adalah menggunakan sebuah fitur System File Checker. Walaupun jarang sekali  digunakan atau bahkan banyak yang tidak mengetahui keberadaannya, fitur satu ini dapat melakukan pengecekan system file yang rusak, korup, atau yang telah diganti, dan membuatnya kembali bagus. fitur satu ini menggunakan intruksi command prompt, untuk membukanya ketikkan cmd  pada start menu,lalu klik kanan lalu pilih run as administrator.

Cara Mengatasi Permasalahan Di Windows 7

Menggunakan System File Checker
Untuk menggunakan System File Checker, ketik intruksi sfc /scannow kemudian tekan Enter. pemeriksaan ini akan memakan waktu cukup lama jika ditemukannya System File yang bermasalah.

Menguninstall Program yang Tidak Diperlukan.
kerusakan sistem bisa jadi dikarenakan oleh program tidak kompatibel dan menggangu yang ada pada Windows. periksa daftar program yang terinstall melalui Control Panel > All Control Panel Items > Program and Features. Jika terdapat program yang mencurigakan dan tidak dikenal di uninstall saja.
Cara Mengatasi Permasalahan Di Windows 7


Windows Desktop Blank pada Startup?
jika tiba tiba Windows mengalami black screen atau layar hitam dan hanya terdapat kursor, coba anda jalankan Task Manager dengan  kombinasi tombol Ctrl + Alt + Delete. Jika Task Manager terbuka, Anda dapat menjalankan aplikasi explorer.exe untuk mengembalikan tampilan desktop seperti awal.


Windows Tidak Mau Booting?
Saat Windows tidak mau melakukan booting tentu saja Anda tidak bisa memasuki sistim untuk dapat melakukan diagnosa dan perbaikan. Tapi Anda dapat mencoba untuk menggunakan sebuah  menu Safe Mode yang disediakan oleh Windows. Jadi, pada saat komputer kita dihidupkan anda cepat cepat tekan F8 berulang-ulang sampailah muncul menu Safe Mode. selanjutnya itu pilih bagian Last Known Good Configuration.. Dengan itu , Windows akan start atau mulai pada konfigurasi yang  terakhir yang dianggap paling baik.

Install Ulang Windows
saat berbagai macam cara untuk mengecek dan memperbaiki kerusakan telah Anda cobakan dan hasilnya tetap tidak ada. menginstall ulang merupakan cara yang paling mudah dikarenakan Anda akan memiliki suatu sistem baru yang lebih jelas bebas dari masalah yang membingungkan.



Demikian 7 Cara Mengatasi Permasalahan Windows 7

Comments